Identitas Diri Perempuan dan Penampilannya dalam Novel Bilangan Fu Karya Ayu Utami: Kajian Ginokritik Serta Implikasi dalam Pendidikan Karakter

Wulandari, Rina (2023) Identitas Diri Perempuan dan Penampilannya dalam Novel Bilangan Fu Karya Ayu Utami: Kajian Ginokritik Serta Implikasi dalam Pendidikan Karakter. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_RINA_WULANDARI_21174021_621_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena subordinasi dari pengarang laki-laki terhadap kaum perempuan. Pengarang laki-laki hanya menggambarkan identitas diri perempuan berdasarkan sudut pandang yang dimiliki oleh laki-laki, sedangkan pengarang perempuan mampu mengungkapkan semua hal tentang perempuan berdasarkan pada pengalaman yang dialami oleh perempuan itu sendiri yang dihubungkan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penulisan perempuan dan biologi perempuan dalam novel Bilangan Fu karya Ayu Utami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian ginokritik. Sumber data penelitian ini adalah novel Bilangan Fu karya Ayu Utami. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian dalam novel Bilangan Fu karya Ayu Utami: adalah sebagai berikut: Penampilan tubuh perempuan merupakan sesuatu yang istimewa dan harus menjadi milik perempuan untuk dijaga. Perempuan sering dijadikan sebagai objek kajian dalam karya sastra. Penampilan tubuh dalam novel ini salah satu bentuk representasi perempuan yang ditampilkan dalam novel ini. Perempuan memiliki sifat yang cenderung unik dan menarik. Perlawanan patriarki pada novel ini membuktikan bahwa yang memegang kendali perempuan sepenuhnya berada di bawah pengaruh dan kekuasaan laki-laki. Gender dibentuk oleh sebuah budaya masyarakat bahwa kedudukan dan peran tokoh perempuan dalam karya sastra menunjukkan masih didominasi oleh laki-laki. Pengarang memanfaatkan pengalaman biologisnya dengan membahas peristiwa yang dialami perempuan dan konsep keperawanan. Perempuan harus menghargai apa yang menjadi miliknya berlandaskan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi, serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan terwujud dalam implikasinya nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorNurizatti, NurizattiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:03
Last Modified: 04 Apr 2024 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51137

Actions (login required)

View Item View Item