Septiwan, Reni
(2023)
Analisis Koherensi Dalam Menulis Esai Karya Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dalam menulis, para siswa harus mempertimbangkan koherensi terutama dalam
menulis esai. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman dalam
membaca sebuah esai. Koherensi yang tepat memiliki peran penting dalam
menulis. Berdasarkan penjelasan di atas, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tipe koherensi yang dominan digunakan mahasiswa dalam menulis
esai, tingkat koherensi esai yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris,
kesulitan mahasiswa dalam menggunakan koherensi dalam menulis esai, dan
persepsi mahasiswa tentang kesulitan menggunakan koherensi dalam menulis esai
di Universitas Negeri. Padang. Selanjutnya, sumber data penelitian ini adalah
karangan siswa yang ditulis sebagai ujian tengah semester dalam proses belajar
mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan
koherensi dalam menulis esai yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Negeri
Padang. Dokumen dan angket tersebut digunakan untuk mengetahui koherensi
dalam menulis esai yang ditulis oleh Universitas Negeri Padang. Sebagai hasil
penelitian, analisis yang berkaitan dengan koherensi dalam menulis esai
diidentifikasi dan diklasifikasikan berdasarkan beberapa indikator. Untuk
menentukan koherensi penulisan esai, terdiri dari pengulangan kata benda kunci,
penggunaan kata ganti yang konsisten, penggunaan sinyal transisi, dan urutan
logis. Selanjutnya dapat dilihat bahwa tipe koherensi esai yang ditulis oleh
mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris pada tingkat yang baik, itu mendapat 2,80 dari
4,00. Kemudian, tingkat koherensi esai yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan
Bahasa Inggris pada tingkat yang baik dengan skor rata-rata 60. Selanjutnya, yang
paling sulit dalam menggunakan koherensi ketika menulis esai adalah menyusun
ide dalam urutan logis, itu adalah 2,44 dari 4,00.
Actions (login required)
|
View Item |