Delanda, Meisy Saskia
(2023)
Pengembangan Media Video Pembelajaran Rias Fantasi
di Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena belum tersedianya video pembelajaran pada elemen 8 praktik dasar kecantikan pada mata pelajaran dasar-dasar kecantikan dan spa, bahan ajar yang digunakan masih berbentuk lembar kegiatan peserta didik dan ppt sehingga belum terstruktur, serta pendidik belum menggunakan media pembelajaran video dikelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran rias fantasi dengan berbagai tema di SMK Negeri 6 Padang. (2) untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifitasan media video pembelajaran pada mata pelajaran rias fantasi dengan berbagai tema di SMK Negeri 6 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah 4-D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII KCII tata kecantikan SMK Negeri 6 Padang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang diberikan secara langsung dan soal Pre-test & Post-test one group. Teknik analisis data dengan menghitung skor penilaian video dari angket yang diberikan dan dikategorikan sesuai dengan analisis data menggunakan uji t.
Perolehan hasil penelitian ini adalah video telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D, hasil validitas video oleh 2 dosen ahli media 0.90 dan validitas materi dari 2 ahli materi diperoleh nilai 0.92 dengan valid, basil uji praktikalitas video dari respon guru memperoleh nilai 97% dengan kategori sangat praktis dan dari respon peserta didik mendapatkan nilai 80.91% dengan kategori sangat praktis, basil uji efektivitas diperoleh basil pre-test 38,88% dan post-test dipcroleh basil 91,66% dengan kategori efektif video di gunakan di SMK negeri 6 Kota Padang. Dari perolehan basil tersebut, maka video telah layak, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Penelitian menghasilkan video pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas video berdasarkan respon ahli media, dan ahli materi dalam kategori valid. Praktis video dilihat berdasarkan respon guru mata pelajaran dengan kategori praktis dan berdasarkan respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Efektifitas video dilihat berdasarkan basil belajar peserta didik dikategorikan efektif. Hasil belajar peserta didik dilihat berdasarkan nilai ketuntasan klasikal dengan persentasenya di kategorikan efektif. Berdasarkan perbedaan basil pretest dan posttest memperoleh nilai signifikan yang rendah sehingga dinyatakan efektif. Bedasarkan besamya dampak dari penggunaan video pembelajaran memberi basil nilai efek yang besar.
Actions (login required)
|
View Item |