Hubungan Konsep Diri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja dengan Perencanaan Karier di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Harapan

Anggraini, Vanny (2023) Hubungan Konsep Diri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja dengan Perencanaan Karier di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Harapan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_VANNY_ANGGRAINI_18151048_365_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karier yang setelah mengikuti pelatihan dari Panti Sosisal Bina Remaja (PSBR) Harapan. Konsep diri dan motivasi memasuki dunia kerja merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perencanaan karier pada peserta pelatihan di Panti Sosial Bina Remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) konsep diri, (2) motivasi memasuki dunia kerja, (3) perencanaan karier, (4) hubungan konsep diri dengan perencanaan karier, (5) hubungan motivasi memasuki dunia kerja dengan perencanaan karier, dan (6) hubungan konsep diri, motivasi memasuki dunia kerja, dan perencanaan karier. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta pelatihan di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Harapan, sampel penelitian sebanyak 70 dengan mengunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket dengan model skala Likert. Data penelitian dianalisis dengan korelasi sederhana dan korelasi ganda. Temuan dari hasil penelitian ini : (1) secara rata-rata konsep diri yang dimiliki oleh peserta mengikuti pelatihan berada pada kategori tinggi, (2) secara rata-rata motivasi memasuki dunia kerja peserta pelatihan yang dimiliki oleh peserta pelatihan berada pada kategori tinggi, (3) secara rata-rata perencanaan karier yang dimiliki oleh peserta pelatihan berada pada kategori tinggi, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan perencanaan karier peserta pelatihan (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja dengan perencanaan karier peserta pelatihan dan (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan motivasi memasuki dunia kerja dengan perencanaan karier peserta pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:46
Last Modified: 04 Apr 2024 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51098

Actions (login required)

View Item View Item