Kontribusi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Etos Kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP Negeri Kota Padang

Hendra, Taufik (2023) Kontribusi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Etos Kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP Negeri Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TAUFIK_HENDRA_21147015_19_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa kompetensi pedagogik guru SMP Negeri Kota Padang masih belum optimal. Hal ini diduga ada kaitannya dengan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan etos kerja yang dimiliki oleh guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan etos kerja terhadap kompetensi pedagogik guru SMP Negeri Kota Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi pedagogik guru, (2) etos kerja berkontribusi terhadap kompetensi pedagogik guru, (3) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan etos kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi pedagogik guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kota Padang yang berjumlah 1.099 orang. Sampel penelitian berjumlah 220 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penilaian dan angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 41%, (2) etos kerja berkontribusi terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 52,4%, (3) pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan etos kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 78,5%. Tingkat capaian skor kompetensi pedagogik guru 86,71% berada pada kategori mampu, dan untuk pelaksanaan supervisi kepala sekolah 87,63% berada pada kategori baik sedangkan untuk etos kerja guru 86,70 dari skor ideal berada pada kategori tinggi. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan etos kerja adalah dua faktor yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru, disamping melalui faktor-faktor lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistituati, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorAl Kadri, HanifUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:45
Last Modified: 04 Apr 2024 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51096

Actions (login required)

View Item View Item