Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Strategi Inquiry untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas

Harahap, Sri Wahyuni (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Strategi Inquiry untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_SRI_WAHYUNI_HARAHAP_20155011_2211_2023.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran matematika terutama pada materi yang bersifat abstrak. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah dan belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis strategi inquiry untuk pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat membantu guru/pendidik dalam menyampaikan materi agar kebih mudah dipahamu siswa. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk uji validitas dan praktikalitas, dan hasil belajar siswa untuk uji efektivitas dari media video animasi yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas berdasarkan validasi angket ahli media diperoleh nilai rata 3,92 dengan kriteria sangat baik/valid. Sedangkan validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata 3,78 dengan kriteria sangat baik/valid. Hasil uji praktikalitas berdasarkan analisis angket respon guru matematika untuk kedua validator diperoleh nilai rata-rata 4,138 dan 4,19 dengan kriteria baik/cukup valid. Hasil uji praktikalitas berdasarkan analisis angket respon siswa dari dua kelas yang berbeda diperoleh nilai rata-rata 4,48 dan 4,26 dengan kriteria sangat baik/praktis. Sedangkan untuk hasil uji efektivitas berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 86% dan 88% dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Correctorhidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorHakim, RamalisUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:57
Last Modified: 03 Apr 2024 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51091

Actions (login required)

View Item View Item