Kontribusi Pengelolaan Stres (Coping Stress) dan Harga Diri (Self Esteem) terhadap Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well-Being) Wanita Bercerai

Rahmah, Silfia (2023) Kontribusi Pengelolaan Stres (Coping Stress) dan Harga Diri (Self Esteem) terhadap Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well-Being) Wanita Bercerai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SILFIA_RAHMAH_18151067_170_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perubahan yang terjadi akibat perceraian dalam rumah tangga membuat perubahan yang signifikan pada kehidupan wanita bercerai. Terjadinya perubahan status akan berdampak pada psikis, ekonomi dan sosial. Wanita yang ditinggalkan karena perceraian harus mampu menjalankan multi peran dalam keluarga. Pada kondisi ini akan mempengaruhi psychological well-being (kesejahteraan psikologis) wanita bercerai. Dalam menjalani kehidupan wanita bercerai menginginkan kebahagiaan tanpa harus merasakan penolakan dari lingkungan, masyarakat dan keluarga. Psychological well-being seseorang dapat dilihat dari bagaimana seseorang dapat menerima keadaan diri dan masa lalunya dengan apa adanya, memiliki kemampuan dalam membina hubungan yang positif dengan orang lain, ada rasa kepuasan hidup, serta menyadari potensi yang ada dalam dirinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi psychological well-being di antaranya coping stress dan self esteem. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat: (1) gambaran coping stress, self esteem, dan psychological wellbeing, (2) kontribusi coping stress terhadap psychological well-being, (3) kontribusi self esteem terhadap psychological well-being dan (4) kontribusi coping stress dan self esteem secara bersama-sama terhadap psychological wellbeing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah wanita bercerai yang terjadi pada tahun 2021 dengan sampel sebanyak 77 orang di Kecamatan Lembah Melintang, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala model likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara rata-rata: (1) tingkat coping stress dan psychological well-being wanita bercerai berada pada kategori tinggi, (2) self esteem wanita bercerai berada pada kategori sedang, (3) coping stress berkontribusi secara signifikan terhadap psychological well-being wanita bercerai sebesar 33,0%, (4) self esteem berkontribusi secara signifikan terhadap psychological well-being wanita bercerai sebesar 26,1%, (5) coping stress dan self esteem secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap psychological well-being wanita bercerai sebesar 38,8%. Implikasi dari hasil penelitian ini dalam bentuk panduan yang terdiri dari program layanan bimbingan dan konseling serta materi layanan informasi yang berkaitan dengan psychological well-being, coping stress dan self esteem yang ditujukan kepada wanita bercerai khususnya di Kecamatan Lembah Melintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:56
Last Modified: 03 Apr 2024 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51086

Actions (login required)

View Item View Item