Pengembangan Video Pembelajaran Sistem Pendingin pada Mata Pelajaran Perawatan Mesin Sepeda Motor Kelas XI TSM di SMKN 1 Bukittinggi.

Luthfi, Muhammad (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Sistem Pendingin pada Mata Pelajaran Perawatan Mesin Sepeda Motor Kelas XI TSM di SMKN 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_MUHAMMAD_LUTHFI_18073092_1368_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah serta kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar dan kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan, terutama dalam topik sistem pendingin mesin pada mata pelajaran perawatan mesin sepeda motor kelas 11 TSM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media video yang dapat membantu guru meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran adalah pilihan yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung oleh hasil validasi dari validator materi yang mendapatkan persentase 90% dengan kategori "sangat layak," serta hasil validasi dari validator media dengan persentase 87% dengan kategori "sangat layak." Selain itu, uji lapangan kepada peserta didik mendapatkan persentase 82% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan dapat dikategorikan valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran, dan diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik agar dapat secara mandiri menguasai materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndrizal, AndrizalUNSPECIFIED
CorrectorNasir M., Nasir M.UNSPECIFIED
CorrectorHidayat, NurulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO PEMBELAJARAN, SISTEM PENDINGIN MESIN
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:52
Last Modified: 03 Apr 2024 04:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51076

Actions (login required)

View Item View Item