Pemanfaatan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di SMA N 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota

Zonita, Anggun Cahya (2024) Pemanfaatan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di SMA N 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ANGGUN_CAHYA_ZONITA_19045116_1652_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kec Suliki pada mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Kec Suliki yang berjumlah 269 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi,wawancara dan tes. Sedangkan untuk Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T dan Uji N-Gain. Hasil dari uji T yang dilakukan didapatkan Thitung sebesar 4,09 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan Ttabel sebesar 2,02 yang mana Thitung > Ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran Kahoot pada materi Geografi dalam pembelajaran geografi di SMA N 1 Kec Suliki. Uji N-Gain pada penelitian ini yang didapat pada kelas eksperimen dengan peningkatan hasil belajar kategori tinggi yaitu sebesar 0,79 atau 79% yang mana selisih dari nilai pretest dan posttest sebesar 45,33 dan kelas kontrol dengan peningkatan hasil belajar kategori sedang yaitu sebesar 0,51 atau 51% dengan selisih antara nilai pretest dan posttest sebesar 28. Maka berdasarkan Uji T dan Uji N-Gain yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kuis interaktif berbasis game edukasi Kahoot bermanfaat terhadap meningkatnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran geografi kelas X di SMA Negeeri 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan hasil tes siswa pada kelas kontrol. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI. KAHOOT. HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:59
Last Modified: 22 Apr 2024 04:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51073

Actions (login required)

View Item View Item