Erlanda, Rendi
(2024)
Pengembangan Modul Ajar Berbasis FLIPHTML5 pada Mata Pelajaran PDTM di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Banda Aceh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penggunaan modul ajar pada mata pelajaran PDTM kelas X Teknik Pemesinan masih belum sesuai dengan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran PDTM, sehingga membuat proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan optimal. Tujuan penelitian ini mengembangkan modul ajar PDTM berbasis FLIPHTML5 pada SMK negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini menerapkan model pengembangan R& Dengacuan model 4D.
Langkah model 4D meliputi langkah atau tahapan yang meliputi, tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Data penelitian diperoleh dengan memakai lembar validasi berupa kuesioner. Analisis data yang dipakai berupa statistik deskriptif kuantitatif yaitu mengkaji data dengan cara menjabarkan data yang terkumpul dengan rumus Aiken „s V
Hasil penelitian pengembangan modul ini dinyatakan layak untuk dipakai sebagai media belajar mandiri bagi peserta didik, berdasarkan hasil validitas dari ahli materi memperoleh akhir (ΣV) sebesar 0,842 dan (ΣV) ahli media sebesar 0,909, dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil penilaian validitas modul yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PDTM kelas X Teknik Pemesinan yang dikembangkan ini layak dipakai sebagai media belajar tambahan bagi peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |