Penetralan pH Air Asam Tambang Menggunakan Metode Pasif Open Limestone Channel dengan Penambahan Fly Ash, Zeolite, dan Pasir Silika pada Pengujian Skala Laboratorium

Ananda, Rizky (2024) Penetralan pH Air Asam Tambang Menggunakan Metode Pasif Open Limestone Channel dengan Penambahan Fly Ash, Zeolite, dan Pasir Silika pada Pengujian Skala Laboratorium. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_RIZKY_ANANDA_21137145_856_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Fokus dilakukannya penelitian ini didasari oleh kekhawatiran terhadap efek negatif yang ditimbulkan akibat dari pencemaran air asam tambang, air asam tambang yang memiliki pH rendah dan mengandung kontaminan logam berat dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan atau ekosistem. Pada penelitian ini memfokuskan pada usaha penetralan pH air asam tambang dengan memanfaatkan pengelolaan metode pasif yaitu, open limestone channel dengan melakukan modifikasi penambahan beberapa bahan yang dianggap mampu menetralkan pH berdasarkan penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan melalui tiga kombinasi yaitu, Kombinasi A, Kombinasi B, dan Kombinasi C, yang memiliki perlakuan yang berbeda-beda dengan tiga kali pengulangan pada setiap kombinasinya. Nilai pH awal dari air asam tambang yang digunakan pada penelitian ini adalah pH 3,75, dan dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh rata-rata akhir nilai pH pada Kombinasi A adalah 6,59; Kombinasi B adalah 5,68; dan Kombinasi C adalah 6,48. Efisiensi peningkatan pH dari pH awal pada masing-masing kombinasi yaitu Kombinasi A sebesar 76 %, Kombinasi B sebesar 62 %, dan Kombinasi C sebesar 73%. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil penetralan pH antara lain perbedaan perlakuan pada masing-masing kombinasi, adanya kemungkinan pembentukan endapan gipsum, adanya pengaruh gas CO2, tertutupnya pori bahan uji, dan munculnya lapisan pada permukaan bahan uji yang dapat menurunkan efektifitas bahan penetral terhadap air asam tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusli, RusliUNSPECIFIED
CorrectorPrabowo, HeriUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:30
Last Modified: 03 Apr 2024 00:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51061

Actions (login required)

View Item View Item