Tinjauan Saluran Drainase pada Perumahan Wisma Indah di Kelurahan KP. Lapai Kecamatan Naggalo Kota Padang Menggunakan Program EPA Swmm 5.1

Kamil, Muhammad Insan (2024) Tinjauan Saluran Drainase pada Perumahan Wisma Indah di Kelurahan KP. Lapai Kecamatan Naggalo Kota Padang Menggunakan Program EPA Swmm 5.1. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUHAMMAD_INSAN_KAMIL_20062036_106_2021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Drainase adalah sistem yang mengatasi kelebihan air, baik permukaan maupun bawah tanah, dan drainase yang tidak optimal dapat mengakibatkan masalah seperti genangan air. Kecamatan Nanggalo merupakan salah satu daerah yang terdampak curah hujan yang tinggi di Kota Padang terutama pada Kelurahan Kp. Lapai pada Perumahan Wisma Indah II. Daerah ini memiliki kebutuhan khusus terkait drainase, kondisi drainase yang tidak efektif dapat menyebabkan genangan air mencapai 15-20 cm yang berpotensi merusak jalan. Perumahan Wisma Indan II, Kota Padang memiliki permasalahan pada genangan air saat hujan. Proyek akhir ini dilakukan dengan melakukan tinjauan langsung ke lapangan, mulai dari survei lokasi, wawancara dengan warga, serta penelitian dan analisis data yang dibantu dengan software berupa EPA SWMM 5.1 untuk memahami masalah ini lebih lanjut. Hasilnya terjadi luapan para beberapa saluran dengan intensitas hujan yang cukup lama. Berdasarkan hasil dari tinjauan drainase pada Perumahan Wisma Indah II menggunakan software EPA SWMM 5.1 dengan periode ulang 5 tahun, 10 tahun, dan 20 tahun terjadi limpasan di beberapa saluran yang perlu dilakukannya perbaikan. Dimensi pada saluran drainase tidak cukup untuk menampung aliran air dan sebaiknya dilakukan pelebaran atau menambah kedalaman drainase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArbi, YaumalUNSPECIFIED
CorrectorAndayono, TotohUNSPECIFIED
CorrectorZola, PrimaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DRAINASE, CURAH HUJAN, SOFTWARE
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:30
Last Modified: 03 Apr 2024 00:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51060

Actions (login required)

View Item View Item