Devika, Ananda Y ola
(2023)
Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Kulit Kepala dan Rambut ( Creambath) Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Kecatikan dan Spa di SMK N egeri 6 Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena belum tersedianya video pembelajaran pada elemen 8 praktik dasar kecantikan pada mata pelajaran dasardasar kecantikan dan spa, serta pendidik belum menggunakan media pembelajaran video dikelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan video perawatan creambath pada kelas X SMK N egeri 6 Padang, (2) mengetahui validitas video perawatan creambath, mengetahui praktikalitas video perawatan creambath dan melihat efektivitas video perawatan creambath.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model 4D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X KC I tata kecantikan SMK Negeri 6 Padang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang diberikan secara langsung dan soal.Teknik analisis data dengan menghitung skor penilaian video dari angket yang diberikan dan dikategorikan sesuai dengan analisis data menggunakan uji t. Perolehan hasil penelitian ini adalah video telah dikembangkan dengan model pengembangan 4D, hasil validitas video oleh ahli media 91 % dan validitas materi diperoleh nilai 83% dengan kategori valid, hasil uji praktikalitas video dari respon guru memperoleh nilai 84,4% dengan kategori sangat praktis dan dari respon peserta didik mendapatkan nilai 96% dengan kategori sangat praktis, hasil uji efektivitas diperoleh hasil pretest 52,77% dan posttest diperoleh hasil 86,77% dengan kategori efektif video di gunakan di SMK negeri 6 Kota Padang. Dari perolehan hasil tersebut, maka video telah layak, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Penelitian menghasilkan video pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif Hasil validitas video berdasarkan respon ahli media, dan ahli materi dalam kategori valid. Praktis video dilihat berdasarkan respon guru mata pelajaran dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Efektifitas video dilihat berdasarkan hasil belajar peserta didik dikategorikan efektif Hasil belajar peserta didik dilihat berdasarkan nilai ketuntasan klasikal dengan persentasenya di kategorikan efektif Berdasarkan perbedaan hasil pretest dan posttest memperoleh nilai signifikan yang rendah sehingga dinyatakan efektif Maka disarankan bagi peneliti dimasa mendatang dapat dikembangkan dan diteliti lebih lanjut dengan konten pembelajaran yang lebih lengkap agar dapat menemukan solusi yang tepat dalam menghadapi kendala dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |