Panduan Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Online untuk Meningkatkan Karakteristik Pembelajar Daring

Anggraini, Osy Khalisyah (2023) Panduan Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Online untuk Meningkatkan Karakteristik Pembelajar Daring. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_OSY_KHALISYAH_ANGGRAINI_18151064_1311_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena permasalahan siswa pada pembelajaran daring. Siswa belum mampu mengikuti pembelajaran daring secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melalui layanan bimbingan kelompok berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan panduan layanan bimbingan kelompok berbasis online untuk meningkatkan karakteristik pembelajar daring yang valid secara isi dan tampilan, (2) mengembangkan dan menghasilkan panduan layanan bimbingan kelompok berbasis online untuk meningkatkan karakteristik pembelajar daring yang praktis dan (3) mengembangkan dan menghasilkan panduan layanan bimbingan kelompok berbasis online untuk meningkatkan karakteristik pembelajar daring yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari tiga orang ahli untuk menguji kelayakan isi dan tampilan panduan, tiga orang guru BK/konselor untuk menguji keterpakaian panduan dan 9 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen karakteristik pembelajar daring, instrumen uji kelayakan isi dan tampilan serta instrumen uji keterpakaian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, statistik koefisien konkordansi kendall dan wilcoxon test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) panduan pembelajaran daring siswa dinilai sangat layak secara isi dan sangat layak secara tampilan, (2) tingkat keterpakaian panduan berada pada kategori sangat baik dan (3) terdapat peningkatan yang signifikan pada karakteristik pembelajar daring berdasarkan uji coba kelompok kecil. Dengan demikian prototype panduan layanan bimbingan kelompok berbasis online dapat dimanfaatkan oleh peneliti lain untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan eksperimen menggunakan sampel yang lebih luas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorIfdil, IfdilUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:28
Last Modified: 01 Apr 2024 00:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51054

Actions (login required)

View Item View Item