Pengembangan Media Video Adab Harian untuk Pembelajaran Agama dan Moral di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh

Nurhayati, Nurhayati (2023) Pengembangan Media Video Adab Harian untuk Pembelajaran Agama dan Moral di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURHAYANI_20330068_1654_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarenakan oleh nilai aspek perkembangan agama dan moral anak masih rendah, media pembelajaran aspek perkembangan agama dan moral masih terbatas dan belum adanya video pembelajaran terkait materi adab harian. Oleh sebab itu, diperlukan pengembangan media video adab harian untuk pembelajaran agama dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan validitas media, praktikalitas media dan efektifitas media pembelajaran video adab harian di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh dengan subjek penelitian adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang berada di Kuttab 1a dan Kuttab 1b. Data uji validitas diperoleh dari lembar validasi media aspek materi/isi, tampilan/desain dan bahasa. Data uji praktikalitas diperoleh melalui angket respon guru dan anak, serta observasi penggunaan media. Data efektifitas media diperoleh dari pengamatan aktifitas dan analisis hasil belajar anak aspek agama dan moral. Uji validitas media video adab harian adalah sangat valid, dilihat dari kevalidan materi 86.67%, tampilan media 83.33%, dan bahasa 96.84%. Uji praktikalitas media video adab harian adalah sangat praktis dibuktikan dengan hasil analisis respon guru 96.87% dan hasil analisis respon anak 86.95%. Uji efektifitas media video adab harian terbukti efektif, dibuktikan dengan hasil pembelajaran agama dan moral anak adalah 91.44% dengan kriteria tuntas dan hasil pengamatan aktifitas anak dalam kegiatan pembelajaran mencapai rata-rata keaktifan 84.94% dengan kriteria aktif sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video adab harian menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran Agama dan moral di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:28
Last Modified: 28 Mar 2024 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51050

Actions (login required)

View Item View Item