Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kota Padang

Nafisah, Nafisah (2023) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NAFISAH_21147007_4774_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan tergambar bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kota Padang masih belum terlaksana dengan baik. Hal ini diduga ada kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kota Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah, 2) budaya sekolah berkontribusi terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah, 3) kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wakil kepala sekolah SMP Negeri di Kota Padang yang berjumlah 116 orang. Sampel penelitian berjumlah 70 orang yang diambil dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata jenjang pendidikan dan masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penilaian dan angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas didapatkan 3 butir item yang gugur, pada variabel Y ada satu butir yaitu butir nomor 12 (0,136), pada variabel X1 1 butir yang gugur yaitu nomor 28 (0,168) dan pada variabel X2 butir yang gugur adalah nomor 16 (0,322). Butir yang dikatakan gugur karena memperoleh corrected item-total correlation lebih kecil dari rtabel = 0.444. Sedangkan untuk uji reliabilitas variabel Y yang mana hasil menunjukkan 0,974 dan variabel X1 sebesar 0,979 serta variabel X2 sebesar 0,978 yang mana keseluruhan hasil menunjukkan lebih besar dari rtabel = 0.444 maka ketiga variabel dikatakan reliabel. Selanjutnya data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah sebesar 41%, 2) budaya sekolah berkontribusi terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah sebesar 28,4%, 3) kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah sebesar 70,5%. Tingkat capaian skor implementasi manajemen berbasis sekolah 83,58% berada pada kategori baik, dan untuk kepemimpinan kepala sekolah 83,65% berada pada kategori baik sedangkan untuk budaya sekolah 86,24 dari skor ideal berada pada kategori baik. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepempinan kepala sekolah dan budaya sekolah adalah dua faktor yang dapat meningkatkan implementasi manajemen berbasis sekolah, disamping melalui faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
CorrectorSyahril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:10
Last Modified: 28 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51048

Actions (login required)

View Item View Item