Pengembangan Bahan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah Atas yang Beretnis Minangkabau

Nulhusni, Nadyya (2023) Pengembangan Bahan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah Atas yang Beretnis Minangkabau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NADYYA_HULHUSNI_20151019_3889_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kontrol diri merupakan suatu kemampuan di mana remaja dapat mengendalikan dirinya. Jika pengendalian diri itu berhasil ditingkatkan maka tinggi kontrol diri yang dimiliki. Begitupun sebaliknya, rendahnya kontrol diri yang dimiliki mengidentifikasi mereka kurang bisa mengendalikan dirinya. Penelitian menyatakan bahwa terdapat kontribusi kontrol diri terhadap subjective well being berada pada presentase 58,7%. Selain itu, terdapat pengaruh kontrol diri secara negatif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan smartphone pada remaja usia 15-18 tahun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan bahan layanan informasi yang valid secara isi dan desain, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kontrol diri siswa sekolah menengah yang beretnis Minangkabau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Responden pada penelitian ini adalah 3 orang ahli isi dalam bidang BK (validasi isi) dan 3 orang ahli desain (validasi tampilan), 3 orang guru BK (uji praktikalitas), dan 27 orang siswa (uji praktikalitas). Instrumen penelitian ini yaitu daftar isian uji validasi isi dan tampilan, serta daftar isian uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji koefisien Konkordasi Kendall (untuk uji validasi isi, desain, dan praktikalitas) dan uji efektivitas menggunakan teknik analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan layanan informasi yang dikembangkan sudah valid secara isi dan desain, praktis serta efektif untuk meningkatkan kontrol diri siswa sekolah menengah atas yang beretnis Minangkabau. Bahan layanan informasi yang dikembangkan ini hanya sebatas pada uji coba kelompok kecil, untuk itu perlu dilakukan penelitian eksperimen untuk menguji efektivitas yang sebenarnya dari produk bahan layanan informasi yang dikembangkan sehingga bisa menambah kebermanfaatan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:10
Last Modified: 28 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51047

Actions (login required)

View Item View Item