Evandel, Kervan
(2024)
Upaya Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan dengan Model Project Based Learning di SMK Negeri 1 Timpeh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting. Hasil belajar menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Menurunnya perolehan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI TAB di SMK Negeri 1 Timpeh masih rendah di buktikan dengan rendahnya hasil ujian akhir semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang belum memenuhi standar penilaian KKM yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup bervariasi.
Tujuan penelitian adalah sebuah upaya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL). Penelitian yang dilakukan memakai metode penelitian classroom action Research. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI TAB bertotal 15 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan di bulan September - Oktober 2022 memiliki 2 siklus. Instrumen Penelitian ini menggunakan rubrik penilaian terhadap hasil proyek yang dikerjakan siswa. Perolehan hasil aktivitas belajar siswa yang ditetapkan minimal 80% dengan kategori baik.
Hasil belajar peserta didik setiap siklusnya dilihat dari hasil proyek yang telah dilakukan penilaian menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian pada manifestasi siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 76,85 memiliki peningkatan signifikat pada siklus 2 menjadi 92,65. Indikator keberhasilan Penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 65 dengan ketuntasal klasiklal minimal 85%. Kesimpulan dari penelitian ini upaya meningkatkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran project based learning di kelas XI TAB pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan telah berhasil di terapkan dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Timpeh.
Actions (login required)
|
View Item |