Hubungan Pengetahuan BTP dengan Sikap Mahasiswa Tata Boga UNP dalam Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Penyedap, Pewarna, dan Pengawet

Turrahmi, Vadhila (2023) Hubungan Pengetahuan BTP dengan Sikap Mahasiswa Tata Boga UNP dalam Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Penyedap, Pewarna, dan Pengawet. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_VADHILA_TURRAHMI_18075124_6989_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yang menciptakan pangan menggunakan BTP untuk meningkatkan kualitas. Namun permasalahan muncul karena adanya beberapa masyarakat yang menggunakan BTP dalam pengolahan makanan melebihi ambang batas maksium yang dapat membahayakan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuan BTP mahasiswa, sikap mahasiswa dalam mengkonsumsi makanan, dan menganalisis hubungan antara pengetahuan BTP dengan sikap mahasiswa dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap, pewarna, dan pengawet. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Tata Boga angkatan 2019 dan 2020. Sampel penelitian sebanyak 77 orang yang dipilih menggunakan Propotional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket melalui google form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah secara deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang BTP berada pada kategori sedang dengan persentase 48%, tingkat sikap mengkonsumsi makanan berada pada kategori sedang dengan persentase 32%, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan BTP dengan sikap mengkonsumsi makanan dengan nilai korelasi fxy 0,366 dan nilai Thitung (3.404) > Ttabel (1.991). Sehingga dapat diartikan semakin tinggi pengetahuan BTP maka semakin baik pula sikap mahasiswa dalam mengkonsumsi makanan dan sebaliknya jika semakin rendah pengetahuan BTP maka semakin tidak baik pula sikap mahasiswa dalam mengkonsumsi makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFaridah, AnniUNSPECIFIED
CorrectorKasmita, KasmitaUNSPECIFIED
CorrectorInsan, Ranggi RahimulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:33
Last Modified: 28 Mar 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51030

Actions (login required)

View Item View Item