Syahrial, Melva
(2023)
Hubungan Self Efficacy dan Task Aversiveness dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di SMPN 5 Padang Panjang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami
perilaku prokrastinasi akademik di SMPN 5 Padang Panjang. Self efficacy dan
task aversiveness merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku
prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self efficacy,
task aversiveness dan prokrastinasi akademik, (2) menguji hubungan self efficacy
dengan prokrastinasi akademik, (3) menguji hubungan task aversiveness dengan
prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis
deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah 575 peserta didik, sampel
berjumlah 236 orang peserta didik dan dipilih dengan teknik Proportional
Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model
Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi
ganda.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) self efficacy peserta didik
berada pada kategori rendah, (2) task aversiveness peserta didik juga berada pada
kategori tinggi, (3) perilaku prokrastinasi akademik peserta didik berada
dikategorikan tinggi, (4) terdapat hubungan self efficacy secara signifikan
terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi akademik, (5) terdapat hubungan
task aversiveness secara signifikan terhadap peningkatan perilaku prokrastinasi
akademik dan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dan task
aversiveness secara bersama-sama terhadap perilaku prokrastinasi peserta didik
SMP Negeri 5 Padang Panjang. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai
masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling di SMPN 5
Padang Panjang
Actions (login required)
|
View Item |