Evaluasi dan Penyesuaian Sistem Ventilasi Pada Tambang Batubara Bawah Tanah Lubang THC-04 CV. Tahiti Coal Kecamatan Talawi Kota Sawahluto Provinsi Sumatera Barat

Widana, Jacky (2024) Evaluasi dan Penyesuaian Sistem Ventilasi Pada Tambang Batubara Bawah Tanah Lubang THC-04 CV. Tahiti Coal Kecamatan Talawi Kota Sawahluto Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_Jacky_Widana_16137029_481_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasangan blower sistem hembus tidak diikuti dengan pemasangan blower hisap, sehingga udara kotor tidak segera tersirkulasikan keluar. Udara kotor hasil dari kegiatan penambangan dari satu depan dipompakan kembali ke depan berikutnya dan mengakibatkan peningkatan kepekatan debu dan suhu. Dari hasil pengukuran suhu di dalam Lubang THC-04 28,6 ⁰C dan kelembaban rata-rata yakni 90,54 %. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat terapan, dimana hasil penelitian yang dilakukan dapat segera diterapkan diperusahaan. Jumlah udara yang dibutuhkan pada THC-04 adalah 6,808 m³/dtk. Sedangkan kuantitas udara sebanyak 4,38 m³/dtk. Sehingga dapat dinyatakan bahwa sistem ventilasi yang diterapkan sekarang tidak dapat memenuhi kebutuhan udara pada lubang THC-04. Hasil evaluasi berdasarkan data keadaan aktual kuantitas dan kualitas udara menyatakan bahwa sistem ventilasi belum memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Kepmen ESDM no. 1827 K/30/MEM/2018. Berdasarkan hasil rencana sistem ventilasi yang baru diperoleh hasil penyediaan terhadap nilai kuantitas dan kualitas udara sudah terpenuhi. Hal ini dikarenakan pada rancangan sistem ventilasi yang baru ditambahkan blower hisap pada ujung lubang pengiring. Untuk kuantitas udara sendiri juga mengalami peningkatan yaitu 4,38 m³/dtk. Menjadi 9 m³/dtk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
CorrectorPrabowo, HeriUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:25
Last Modified: 28 Mar 2024 04:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51027

Actions (login required)

View Item View Item