Pengaruh Pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Konstruksi (K3) terhadap Waktu Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan Jembatan Muaro Mais - Lubuk Gobing menggunakan Smart PLS.

Abdi, Muhammad (2024) Pengaruh Pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Konstruksi (K3) terhadap Waktu Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan Jembatan Muaro Mais - Lubuk Gobing menggunakan Smart PLS. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUHAMMAD_ABDI_17323073_2027_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tingginya angka kecelakaan kerja di Indonesia menunjukkan bahwa masih banyak pekerja yang mengabaikan masalahKeselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) erta prosedur penerapannya karena lebih memilih untuk bekerja berdasarkan pengalaman.Dalam pelaksanaan Proyek Pembangunan Jembatan Muaro Mais – Lubuk Gobing perlu adanya penerapan K3 di lingkungan proyek karena faktor lingkungan yang beresiko menyebabkan kecelakaan kerja seperti Intensitas hujan yang tinggi, penggunaan alat berat, dan aliran sungai yang dapat berubah sewaktu-waktu sehingga dapat beresiko terhadap waktu pelaksaaan proyek tersebut. Untuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja perlu adanya Sistem Manejemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) untuk menciptakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi pekerja dengan harapan proyek konstruksi dapat berjalan dengan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan K3 pada Proyek Pembangunan Jembatan Muaro Mais – Lubuk Gobing, Kabupaten Pasaman Barat terhadap waktu pelaksanaan proyek dengan analisis data menggunakan software SmartPLS versi 3.2. penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada pekerja dan pegawai kantor yang ada pada proyek konstruksi jembatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan Indikator Kepemimpinan dan Administrasi jasa penyedia konstruksi (X1) terhadap Ketepatan Waktu (Y) dengan nilai p-value0,281 > 0.05, nilai t-statistic 1,079 < 1.96, dan original sample O = 0,272. Indikator Inspeksi Keselamatan Bekerja (X2) terhadap variabel Ketepatan Waktu (Y) dengan p-value0,677 > 0.05, t-statistic0,416 < 1.96, dan original sample O = 0,143. Indikator Manajemen Keselamatan Kerja (X3) Terhadap Ketepatan Waktu (Y) dengan nilai p-value0,269 > 0.05, t-statistic 1,105 < 1.96, dan original sample O = 0,272. Hasil R-Square untuk variabel ketepatan waktu (Y) adalah 0,198, Artinya bahwa pengaruh penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (X) terhadap ketepatan waktu (Y) sebesar 19,8%. Sisanya 80,2% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYustisia, HennyUNSPECIFIED
CorrectorArbi, YaumalUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KERJA KONSTRUKSI, KESELAMATAN KERJA, PEMBANGUNAN JEMBATAN
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:53
Last Modified: 28 Mar 2024 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51024

Actions (login required)

View Item View Item