Pengembangan Modul Karakter Cerdas untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Nuari, Iqbal (2023) Pengembangan Modul Karakter Cerdas untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_IQBA_NUARI_19151021_1566_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan seseorang tidak dapat tumbuh dengan sendirinya, melainkan perlu kesadaran diri, latihan, kebiasaan dan adanya hukuman. Bagi siswa, disiplin belajar tidak akan tercipta apabila siswa tidak mempunyai kesadaran diri. Siswa akan disiplin dalam belajar apabila siswa sadar akan pentingnya belajar dalam kehidupannya. Beberapa cara dapat dilakukan oleh guru BK/Konselor untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa,salah satunya menggunakan media yang menarik seperti modul karakter cerdas. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang valid secara isi dan tampilan, (2) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang praktis digunakan dan (3) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas isi produk dalam penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dalam bidang BK dan 3 orang ahli dalam bidang desain. Kemudian 4 orang guru BK/Konselor untuk menguji praktikalitas modul dan 35 siswa untuk menguji keefektifan modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dilihat dari isi dan tampilan modul yang dikembangkan berada pada kategori Sangat Layak, (2) tingkat praktikalitas modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang dikembangkan berada pada kategori sangat tinggi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor dan siswa, (3) modul karakter cerdas efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Dengan demikian, modul karakter cerdas yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:52
Last Modified: 27 Mar 2024 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51020

Actions (login required)

View Item View Item