Nuari, Iqbal
(2023)
Pengembangan Modul Karakter Cerdas untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kedisiplinan seseorang tidak dapat tumbuh dengan sendirinya, melainkan
perlu kesadaran diri, latihan, kebiasaan dan adanya hukuman. Bagi siswa, disiplin
belajar tidak akan tercipta apabila siswa tidak mempunyai kesadaran diri. Siswa
akan disiplin dalam belajar apabila siswa sadar akan pentingnya belajar dalam
kehidupannya. Beberapa cara dapat dilakukan oleh guru BK/Konselor untuk
meningkatkan kedisiplinan belajar siswa,salah satunya menggunakan media yang
menarik seperti modul karakter cerdas. Tujuan penelitian ini adalah: (1)
menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar
siswa yang valid secara isi dan tampilan, (2) menghasilkan modul karakter cerdas
untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang praktis digunakan dan (3)
menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar
siswa yang efektif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas isi produk dalam
penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dalam bidang BK dan 3 orang ahli dalam
bidang desain. Kemudian 4 orang guru BK/Konselor untuk menguji praktikalitas
modul dan 35 siswa untuk menguji keefektifan modul. Data hasil penelitian
dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul karakter cerdas untuk
meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dilihat dari isi dan tampilan modul yang
dikembangkan berada pada kategori Sangat Layak, (2) tingkat praktikalitas modul
karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang
dikembangkan berada pada kategori sangat tinggi untuk digunakan oleh guru
BK/Konselor dan siswa, (3) modul karakter cerdas efektif untuk meningkatkan
kedisiplinan belajar siswa. Dengan demikian, modul karakter cerdas yang
dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat dimanfaatkan guru
BK/Konselor untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |