Analisis Kesiapsiagaan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

Parakusya, Mita (2024) Analisis Kesiapsiagaan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_MITA_PARAKUSYA_9323012_227_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Padang merupakan salah satu universitas yang berada di kota Padang, dan termasuk pada daerah yang rawan terhadap ancaman bencana gempa dan tsunami, karena posisi pantai pada bagian Barat berhadapan dengan zona sumber gempa bumi megathrust.Menurut para ahli, memiliki potensi gempa bumi yang cukup besar. Dengan demikian perlu adanya upaya untuk mengatasi resiko atau dampak dari bencana tersebut yaitu berupa kesiapsiagaan. Kesiapsiagaan adalah upaya dan tindakan yang diambil dengan segera dan efektif sebelum, selama dan setelah bencana alam dengan tujuan untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang terhadap bencana yang berkaitan dengan gempa bumi dan tsunami. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel proposional random sampling dengan sampel yang berjumlah 189 mahasiswa. Data primer dikumpulkan melalui google form yang disebar kepada responden. Analisis data dilakukan berdasarkan buku kajian kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana gempa bumi dan tsunami LIPI-UNESCO/ISDR 2006. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesiapsiagaan mahasiswa yang tidak pernah mengambil mata kuliah kebencanaan masuk dalam kategori sangat siap, dengan nilai indeks 81,29%. Sedangkan pada mahasiswa yang pernah mempelajari mata kuliah kebencanaan juga termasuk dalam kategori sangat siap, dengan nilai indeks 87,31%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
CorrectorYandra, MuviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BENCANA, GEMPA BUMI, TSUNAMI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:11
Last Modified: 27 Mar 2024 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51014

Actions (login required)

View Item View Item