Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar

Meirisa, Arrum (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ARRUM_MEIRISA_18124066_2256_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan belum tersedia nya desain pembelajaran di sekolah yang memfasilitasi siswa kelas 1 di Sekolah Dasar untuk melihat kepekaan bilangan siswa dan menuliskan alasan atau bernalar mengenai bilangan dengan melihat number sense, number relation dan number constraction yang termasuk dalam Topik Mengenal Bilangan. Tujuan penelitian ini unduk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas Local Instructional Theory (LIT) Produk yang dikembangkan berupa Local Intructional Theory (LIT) dengan topic mengenal bilangan. LIT terdiri dari seperangkat Hipothetical Learning Trajectory (HLT), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Produk yang dirancang menggunakan model Gravemeijer and Cobb yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu persiapan penelitian, penelitian di kelas dan tahap analisis tinjauan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, analisis dokumen, dokumentasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dihasilkan produk LIT yang valid, praktis dan efektif berbasis Mathematical Cognition untuk siswa kelas 1 di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran topik mengenal bilangan berbasis Mathematical Cognition memiliki kategori sangat valid. . Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi produk oleh validator yaitu HLT 85,14 dengan kategori sangat valid, nilai validitas RPP secara keseluruhan adalah 86,25 dengan kategori sangat valid dan nilai validitas LKPD secara keseluruhan adalah 85,43 dengan kategori sangat valid. Hasil Praktikalitas diperoleh melalui penilaian observasi keterlaksanaan RPP berbasis Mathematical Cognition dengan perolehan rata-rata 78,63 kategori Praktis. Desain pembelajaran yang dihasilkan memiliki kategori praktis ini dapat dilihat dari uji coba kepada siswa kelas 1 di Sekolah Dasar. Desain pembelajaran yang dihasilkan memiliki kategori efektif dari hasil keselurahan skor latihan aktivitas 1 sampai 5 dengan perolehan nilai rata-rata 79,84 dengan kategori efektif untuk number sense, number relation dan number constraction siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:37
Last Modified: 27 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51008

Actions (login required)

View Item View Item