Panduan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Identitas Diri dalam Kaitannya dengan Agresivitas Siswa

Zera, Arga Dian (2023) Panduan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Identitas Diri dalam Kaitannya dengan Agresivitas Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ARGA_DIAN_ZERA_17151012_3814_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rendahnya identitas diri siswa menyebabkan munculnya prilaku agresif. Fenomena perilaku agresif merupakan tindakan menyerang orang lain secara langsung maupun secara tidak untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun secara psikologis. Identitas diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya perilaku agresivitas. Saat individu mengalami krisis identitas, maka individu akan mencerminkan perilaku menyimpang yang salah satunya adalah perilaku agresif. Upaya peningkatan identitas diri dalam kaitannya dengan agresivitas dapat dilakukan melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh Guru BK/Konselor. Oleh karena itu, diperlukan panduan bimbingan kelompok untuk peningkatan identitas diri dalam kaitannya dengan agresivitas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan identitas diri terhadap agresivitas, (2) menghasilkan panduan bimbingan kelompok yang valid, praktis dan efektif untuk peningkatan identitas diri dalam kaitannya dengan agresivitas yang layak digunakan oleh Guru BK/Konselor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 3 orang ahli untuk menguji kelayakan tampilan panduan, 3 orang ahli untuk menguji kelayakan materi panduan dan 3 orang Guru BK/Konselor untuk menguji keterpakaian panduan dan 10 orang siswa untuk menguji efektivitas panduan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) identitas diri dalam kaitannya dengan agresivitas siswa berada pada kategori sedang, (2) panduan bimbingan kelompok untuk peningkatan identitas diri dinilai layak secara isi dan sangat layak secara tampilan, tingkat keterpakaian panduan pada kategori sangat baik dan tingkat efektivitas panduan mengalami peningkatan sebelum dan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok dengan mengunakan panduan. Panduan bimbingan kelompok untuk peningkatan identitas diri dapat digunakan sebagai media oleh Guru BK/Konselor di sekolah. Dengan demikian, prototype panduan bimbingan kelompok untuk peningkatan identitas diri dapat dimanfaatkan oleh Guru BK/Konselor untuk membantu siswa meningkatkan idenititas diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorKiram, YanuarUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:37
Last Modified: 27 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51006

Actions (login required)

View Item View Item