Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa

Ismawati, Anna (2023) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANNA_ISMAWATI_21151004_5525_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Setiap individu memiliki keunggulan dan kelemahan dalam dirinya, namun kerap kali individu hanya memandang dirinya dari segi kelemahan saja, hal tersebut dapat menyebabkan self esteem individu menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan perbedaan self esteem siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw, (2) mengungkapkan perbedaan self esteem siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi tanpa menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dan (3) Mengungkapkan perbedaan self esteem pada kelompok eksperimen yang mengikuti layanan informasi menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan kelompok kontrol yang mengikuti layanan informasi tanpa menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitian yang dipilih adalah quasi experiment design dengan model the non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini 30 siswa kelompok eksperimen dan 30 siswa kelompok kontrol. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model skala Likert, data dianalisis dengan menggunakan wilcoxon signed ranks test dan kolmogorov-smirnov two independent sampels dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat perbedaan yang signifikan self esteem siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi dengan menggunakan cooperative learning tipe jigsaw, (2) terdapat perbedaan yang signifikan self esteem siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi tanpa menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw, (3) terdapat perbedaan yang signifikan self esteem siswa kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw, dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi tanpa menggunakan model cooperative learning tipe. Temuan ini dapat disimpulkan bahwa layanan informasi menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan self esteem siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:36
Last Modified: 27 Mar 2024 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50999

Actions (login required)

View Item View Item