Kemas Ulang Informasi dalam Bentuk Website tentang Pembelajaran Geografi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru

Islami, Khazana (2023) Kemas Ulang Informasi dalam Bentuk Website tentang Pembelajaran Geografi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_KHAZANA_ISLAMI_20026054_7264_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini membahas tentang kemas ulang informasi dalam bentuk website tentang pembelajaran geografi. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan dan hasil uji coba kemas ulang informasi dalam bentuk website tentang pembelajaran geografi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi berupa, wawancara, dan tinjauan literatur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tahapan pembuatan kemas ulang informasi dalam bentuk website tentang pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru yaitu: (1) identifikasi kebutuhan informasi pengguna melalui wawancara dengan pustakawan, guru geografi, dan siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru; (2) melakukan pengumpulan dan penyeleksian informasi yang didapat dari internet dan guru geografi; (3) pengembangan kegiatan produk kemas ulang informasi berupa website yang dibuat menggunakan Google Sites; (4) mempublikasikan produk kemas ulang informasi yang sudah dibuat dengan cara mengenalkan website kepada guru geografi, pustakawan, dan siswa pada saat melakukan hasil uji coba produk menggunakan angket, di dalam angket tersebut disediakan QR Code untuk membuka website tentang pembelajaran geografi. Kedua, hasil uji coba produk kemas ulang informasi dilakukan melalui penyebaran angket uji coba kepada 29 responden dan memperoleh hasil sebanyak 77,9% dengan kategori “Baik” dan sebanyak 22% mengatakan website pembelajaran geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan kategori “Kurang”. Berdasarkan persentase hasil uji coba tersebut website pembelajaran geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) tergolong “Baik” dan layak digunakan dan disebarluaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:25
Last Modified: 27 Mar 2024 04:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50998

Actions (login required)

View Item View Item