Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Setting Kelompok Untuk Mengatasi Tendensi Perilaku Self Injury pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Melamita, Anisa (2023) Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Setting Kelompok Untuk Mengatasi Tendensi Perilaku Self Injury pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANISA_MELAMITA_19151002_455_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Self injury merupakan perilaku menyakiti diri sendiri yang rentan terjadi saat siswa memasuki usia sekolah menengah pertama, berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan yaitu setelah disebarkan instrumen tendensi perilaku self injury kepada siswa, maka didapati beberapa siswa yang memiliki tendensi untuk dapat melakukan perilaku self injury, hal ini dapat dilihat dari siswa yang memiliki nilai positif terhadap faktor penyebab perilaku self injury yaitu diantaranya seperti regulasi afek, hukuman diri sendiri, pengaruh interpersonal, anti disosiasi, anti bunuh diri, mencari sensasi, dan batas antar pribadi, sehingga perlu adanya upaya pengentasan tendensi perilaku self injury pada siswa melalui pemberian layanan dengan menggunakan pendekatan REBT setting kelompok. Pendekatan ini memandang keyakinan-keyakinan irasional yang akhirnya mengakibatkan timbulnya tingkah laku yang negatif yang dilakukan oleh individu. Penelitian ini mengungkapkan perbedaan tendensi perilaku self injury pada siswa sebelum dan susudah diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan REBT setting kelompok. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. jenis pre exsperiment dengan rancangan one group pretest posttest design. Jenis pengambilan sampel menggunakan non-random sampling, dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelompok eksperimen yang tertendensi melakukan perilaku self injury. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik non-parametrik. Instrumen penelitian ini menggunakan skala tendensi perilaku self injury yang telah memenuhi syarat instrumen penelitian, dengan menggunakan model Skala Likert dengan reliabilitas sebesar 0, 969, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara tendensi perilaku self injury siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakukan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy setting kelompok. 2) nilai skor posttest lebih rendah dibandingkan dengan nilai skor pretest. 3) Hal ini menggambarkan adanya penurunan yang signifikan tendensi perilaku self injury yang dimiliki siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakukan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy setting kelompok. Berdasarkan hasil penelitian maka pendekatan rational emotive behavior therapy setting kelompok efektif untuk mengatasi tendensi perilaku self injury pada siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:23
Last Modified: 27 Mar 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50997

Actions (login required)

View Item View Item