Kariyati, Ani (2023) Pengembangan Game Wordwall untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Kelas VI SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_1_ANI_KARIYATI_21155002_2120_2023.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari kemampuan pemahaman kosakata bahasa Mandarin peserta didik di SD masih rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman kosakata bahasa Mandarin tersebut salah satunya disebabkan oleh belum dimanfaatkan media pembelajaran yang dapat mendukung peningkatan kemampuan pemahaman kosakata bahasa Mandarin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan menggunakan game world wall. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) model 4-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap penyebaran. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa dan analisis kebutuhan. Pada tahap perancangan dilakukan perencanaan sehingga dapat disimpulkan bahwa game worldwall sesuai atau cocok untuk pelajaran kosa kata bahasa Mandarin. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas game world wall untuk pelajaran kosakata bahasa Mandarin, instrumen lembar observasi, pelaksanaan game worldwall, angket respon guru dan angket respon siswa, uji efektifitas yang terdiri dari tiga aspek penilaian yaitu adalah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada tahap penyebaran dilakukan sosialisasi skala terbatas. Hasil penelitian tahap pendefinisian diperoleh game worldwall untuk pelajaran kosakata bahasa Mandarin.Pada analisis kurikulum telah dilakukan perbaikan urutan KD dan pada analisis kebutuhan telah dilakukan wawancara dengan guru bahasa Mandarin dan siswa kelas VI SD Murni sehingga ditemukan bahwa guru dan siswa memerlukan media pembelajaran game worldwall untuk belajar kosakata bahasa Mandarin. Hasil penelitian pada tahap perancangan telah dilakukan perancangan tampilan game worldwall dengan menggunakan aplikasi web game worldwall melalui menginput 6 materi yaitu nama bulan, nama hari, nama tahun, sebutan keluarga, jati diri, menyusun kata menjadi kalimat. Ke enam materi tersebut untuk pencapaian empat aspek kebahasaan yaitu mendengar, berbicara, menulis dan membaca. Hasil penelitian tahap pengembangan untuk uji validitas dengan rata-rata 4,7 dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan penerapan gaworld wall diperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori praktis. Respon angket guru diperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat praktis dan angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 3,99 dengan kategori praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 04:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2024 04:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50996 |
Actions (login required)
View Item |