Transformasi Motif Burung Merak pada Produk Bordir Kebaya Kabupaten Lima Puluh Kota (Studi Kasus di Pila Kebaya Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota)

Ramadhani, Sri Ayu (2023) Transformasi Motif Burung Merak pada Produk Bordir Kebaya Kabupaten Lima Puluh Kota (Studi Kasus di Pila Kebaya Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_SRI_AYU_RAMADHANI_17075044_13450_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi motif burung merak dan kombinasi wama benang pada motif burung merak pada produk bordir di usaha bordir Pila Kebaya Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data utama yang diperlukan berupa data primer dan sekunder. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian ini yang ditemukan 1) Transformasi motif burung merak pada produk bordir di Pila Kebaya merupakan stilasi dari berbagai macam gaya atau model burung merak yaitu terdapat 7 model stilasi dari burung merak. Yang mana dikembangkan pada bagian kepala, sayap dan bagian ekor. Selain itu juga dikembangkan dari berbagai gaya atau posisi burung merak yaitu burung merak saat mengembangkan ekomya, burung merak saat tidak mengembangkan ekomya, burung merak saat hinggap di pohon, burung merak saat setengah mengembangkan ekomya akan tetapi ekor tidak diangkat dan posisi lainnya yang menarik untuk dij adikan motif. 2) Pemilihan kombinasi wama yang digunakan pada produk bordir Pila Kebaya pada umumnya menggunakan kombinasi wama-wama terang atau kontras. Kombinasi tersebut yaitu kombinasi wama analogus, kombinasi wama komplementer dan kombinasi wama monokromatis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorYuliarma, YuliarmaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:17
Last Modified: 27 Mar 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50993

Actions (login required)

View Item View Item