Metode Pelaksanaan dan Perhitungan Material Pile Cap pada Pekerjaan Pembangunan Fisik Gedung Pascasarjana Universitas Riau.

Mardawati, Mardawati (2024) Metode Pelaksanaan dan Perhitungan Material Pile Cap pada Pekerjaan Pembangunan Fisik Gedung Pascasarjana Universitas Riau. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_MARDAWATI_200062031_316_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pile cap merupakan konstruksi struktur bawah yang menjadi salah satu faktor terpenting dalam bangunan. Pelaksanaan pekerjaan konstruksi pile cap yang baik dan benar ditentukan oleh beberapa faktor, seperti pada metode pelaksanaan dan perhitungan kebutuhan materialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi metode pelaksanaan pekerjaan pile cap dan perhitungan material pile cap berdasarkan volume pada shop drawing. Penelitian hanya dilakukan pada pekerjaan di zona B yang terdiri dari PC1, PC5, PC6, dan PC7. Pada penulisan proyek akhir ini, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif terhadap pelaksanaan pekerjaan pile cap dan perhitungan material pile cap fondasi. Selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap metode pelaksanaan dan analisis perhitungan material pile cap yang kemudian akan dibandingkan dengan data pada RAB. Berdasarkan hasil evaluasi, proses pelaksanaan konstruksi pile cap di zona B pada proyek pembangunan fisik gedung Pascasarjana Universitas Riau secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik. Untuk analisis perhitungan kebutuhan material konstruksi pile cap diperoleh volume lantai kerja pile cap sebanyak 7,81 m3 , kebutuhan bekisting papan multipleks sebanyak 226.822 m2 , kebutuhan besi tulangan pile cap sebanyak 15.455.6388 kg, dan Kebutuhan beton ready mix pile cap sebanyak 148.44 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBody, RevianUNSPECIFIED
CorrectorApdeni, RismaUNSPECIFIED
CorrectorYandra, MuviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PILE CAP, PEKERJAAN KONSTRUKSI, FISIK GEDUNG
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:17
Last Modified: 27 Mar 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50992

Actions (login required)

View Item View Item