Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Discovery Learning untuk Pengembangan Identitas Diri Remaja

Fitra, Adi (2023) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Discovery Learning untuk Pengembangan Identitas Diri Remaja. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ADI_FITRA_17151002_6244_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Identitas diri rendah pada remaja akan menjadi penghambat bagi remaja untuk mengembangkan potensi dirinya. Rendahnya identitas diri remaja merupakan suatu masalah dalam pencapaian tugas perkembangan. Remaja yang tidak mengenal diri dan tugas perkembangannya maka akan timbul permasalahan yang akan menghambat dan membahayakan remaja dalam menjalani berbagai tugas perkembangan, khususnya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki selama proses pendidikan. Remaja yang memiliki identitas diri rendah diantaranya tidak menerima keadaan fisik, tidak menerima dan memahami peran seks ketika dewasa, tidak mempersiapkan kehidupan pada usia dewasa, dan belum memahami konsep dirinya. Upaya konseling yang dapat dilakukan salah satunya melalui layanan informasi menggunakan pendekatan discovery learning. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menganalisis identitas diri peserta didik sebelum diberikan layanan informasi menggunakan pendekatan discovery learning. 2) Menganalisis identitas diri peserta didik sewaktu diberikan layanan informasi menggunakan pendekatan discovery learning. 3) Menganalisis identitas diri peserta didik setelah diberikan layanan informasi menggunakan pendekatan discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian ini adalah remaja di SMA Negeri 2 Padang. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria kondisi identitas diri remaja berada pada kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket identitas diri remaja. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis data visual. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi menggunakan pendekatan discovery learning cukup efektif untuk pengembangan identitas diri remaja sebelum dan setelah intervensi diberikan. Dengan demikian, layanan informasi menggunakan pendekatan discovery learning cukup efektif untuk pengembangan identitas diri remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:13
Last Modified: 27 Mar 2024 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50980

Actions (login required)

View Item View Item