Fitra, Adi
(2023)
Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Discovery Learning untuk Pengembangan Identitas Diri Remaja.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Identitas diri rendah pada remaja akan menjadi penghambat bagi remaja
untuk mengembangkan potensi dirinya. Rendahnya identitas diri remaja merupakan
suatu masalah dalam pencapaian tugas perkembangan. Remaja yang tidak
mengenal diri dan tugas perkembangannya maka akan timbul permasalahan yang
akan menghambat dan membahayakan remaja dalam menjalani berbagai tugas
perkembangan, khususnya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki selama
proses pendidikan. Remaja yang memiliki identitas diri rendah diantaranya tidak
menerima keadaan fisik, tidak menerima dan memahami peran seks ketika dewasa,
tidak mempersiapkan kehidupan pada usia dewasa, dan belum memahami konsep
dirinya.
Upaya konseling yang dapat dilakukan salah satunya melalui layanan
informasi menggunakan pendekatan discovery learning. Tujuan penelitian ini yaitu
1) Menganalisis identitas diri peserta didik sebelum diberikan layanan informasi
menggunakan pendekatan discovery learning. 2) Menganalisis identitas diri peserta
didik sewaktu diberikan layanan informasi menggunakan pendekatan discovery
learning. 3) Menganalisis identitas diri peserta didik setelah diberikan layanan
informasi menggunakan pendekatan discovery learning. Metode penelitian yang
digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B-A’. Subjek
penelitian ini adalah remaja di SMA Negeri 2 Padang. Penentuan subjek penelitian
dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria kondisi identitas
diri remaja berada pada kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah.
Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket identitas diri remaja.
Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis data visual.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi
menggunakan pendekatan discovery learning cukup efektif untuk pengembangan
identitas diri remaja sebelum dan setelah intervensi diberikan. Dengan demikian,
layanan informasi menggunakan pendekatan discovery learning cukup efektif
untuk pengembangan identitas diri remaja
Actions (login required)
|
View Item |