Pengaruh Penutupan Palang Pintu Kereta Api terhadap Tundaan dan Panjang Antrian pada Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tunggul Hitam).

Syahputra, M.Fadil (2024) Pengaruh Penutupan Palang Pintu Kereta Api terhadap Tundaan dan Panjang Antrian pada Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tunggul Hitam). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_M. FADIL_SYAHPUTRA_19323081_332_2024.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Simpang Tunggul Hitam merupakan simpang yang terletak di Kecamatan Padang Utara. Berdasarkan observasi langsung ditemukan beberapa permasalahan, dimana banyaknya aktivitas disekitar simpang, dan diperparah dengan penutupan palang pintu kereta api, sehingga terjadinya kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari solusi alternatif untuk meningkatkan kinerja simpang tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini dilakukanpengambilan data langsung dilapangan seperti geometrik simpang dan arus lalu lintas. Dilakukan analisis kapasitas simpang, tundaan, panjang antrian, tingkat pelayanan jalan dengan metode MKJI 1997. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis data berupa: (1) Kinerja simpang pada kondisi eksisting didapat kapasitas simpang 4450,1 smp/jam, panjang antrian yaitu 106 m dengan nilai derajat kejenuhan 0,96 dimana nilai tingkat pelayanan jalan yaitu E. (2) Ada perbedaan waktu tundaan dan panjang antrian yang terjadi saat kondisi normal dan saat palang pintu kereta api ditutup, dimana terjadi peningkatan waktu saat palang pintu KA ditutup. (3) Direncanakan 3 alternatif, dimana dari ketiga alternatif tersebut dipilih alternatif ketiga yaitu kombinasi alternatif satu dan dua ditambah dengan pembatasan akses kendaraan berat. Dari hasil perhitungan diperoleh kapasitas simpang 4837,40 smp/jam, panjang antrian 58 m dengan nilai derajat kejenuhan 0,85 dimana tingkat pelayanan jalan yaitu D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
CorrectorUtama, Rizky IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KERETA API, KINERJA, TEKNIK SIPIL
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:38
Last Modified: 27 Mar 2024 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50978

Actions (login required)

View Item View Item