Pengembangan Media Powerpoint Interaktif pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar

Fajar, Beny Al (2023) Pengembangan Media Powerpoint Interaktif pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_BENY_AL_FAJAR_20124049_6020_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, guru lebih sering menggunakan media pembelajaran berbasis satu arah sehingga akan membuat siswa merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media powerpoint interaktif pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui penilaian ahli terhadap media dan uji praktikalitas media. Uji efektifitas dilakukan dengan tes. Validasi oleh ahli terhadap media powerpoint interaktif pada aspek materi memperoleh skor 91,56% kategori Sangat Valid, aspek media memperoleh skor 80% kategori Valid, dan aspek bahasa memperoleh skor 82,86% kategori Sangat Valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh skor 97% kategori Sangat Praktis, dan hasil uji praktikalitas oleh siswa memperoleh skor 89 dengan kategori Sangat Praktis. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa p-value = 0,000 ≤0,05. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media powerpoint interaktif dengan yang tidak menggunakan media powerpoint interaktif.. Penilaian aspek keterampilan di SDN Percobaan Padang memperoleh nilai sebesar 3,51 dengan predikat Sangat Baik, di SDN 05 Padang Pasir memperoleh nilai 3,63 dengan predikat Sangat Baik. Penilaian aspek sikap di SDN Percobaan Padang memperoleh nilai sebesar 3,57 dengan predikat Sangat Baik, di SDN 05 Padang Pasir memperoleh nilai 3,52 dengan predikat Sangat Baik. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media powerpoint interaktif pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar praktis dan efektif untuk digunakan di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:45
Last Modified: 27 Mar 2024 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50976

Actions (login required)

View Item View Item