Pengembangan E-modul Permainan Tradisional Dalam Menstimulasi Perilaku Prososial Anak Usia Dini.

Buadanani, Buadanani (2023) Pengembangan E-modul Permainan Tradisional Dalam Menstimulasi Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_BUADANANI _20330036_536_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang peneliti temukan pada riset awal. Perilaku prososial pada anak masih belum tampak dimana stimulasi perilaku prososial belum memiliki program kegiatan khusus dalam mengembangkannya. Anak membutuhkan kegiatan bermain yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran untuk melatih perilaku prososial serta belum adanya inovasi bahan ajar untuk menstimulasi periaku prososial pada anak usia dini . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-modul permainan tradisional dalam menstimulasi perilaku prososial anak usia dini. Perilaku prososial mengacu pada tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk membantu atau memberikan kebaikan kepada individu atau kelompok lain. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas dan uji efektifitas. Berdasarkan hasil uji validitas e-modul permainan tradisional oleh para ahli diperoleh persentase 88.7 % dengan kategori sangat valid dan hasil validasi media diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid, hasil uji praktikalitas respon kepala sekolah dan guru saat FGD diperoleh persentase 92 % dengan kategori sangat praktis, hasil praktikalitas uji coba produk diperoleh persentase 93 % dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas setelah implementasi diperoleh persentase 95 % dengan kategori sangat praktis. Hasi efektivitas menggunakan instrument yang diamati oleh guru dan peneliti pada uji coba produk diperoleh persentase 80 % dengan kategori sangat efektiv dan hasil uji efektivitas pada implementasi diperoleh persentase 87.6 % dengan kategori sangat efektiv. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul permainan tradisional dalam menstimulasi perilaku prososial anak usia dini valid, praktis dan efektiv.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:45
Last Modified: 27 Mar 2024 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50975

Actions (login required)

View Item View Item