Hubungan Psychological well-being dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Resiliensi Siswa pada New Normal Pandemi Covid-19

Amalia, Devina (2023) Hubungan Psychological well-being dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Resiliensi Siswa pada New Normal Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Devina_Amalia_19151007_3754_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang ada pada dunia pendidikan yang berubah dari luring menjadi daring sehingga terjadi perubahan sosial. Siswa cenderung mengeluh dan kesulitan mengontrol emosi karna mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran, siswa beradaptasi berjuang untuk hidup disiplin dan menjaga pola tidur kondisi itu menunjukan permasalahan yang bersumber dari resiliensi. Psychological well-being dan dukungan sosial orangtua merupakan faktor yang mempengaruhi resiliensi siswa pada new normal pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa pada new normal pandemi covid-19 dengan: (1) menganalisis gambaran psychological well-being siswa, (2) menganalisis gambaran dukungan sosial orangtua, (3) menganalisis resiliensi, (4) menganalisis seberapa besar hubungan psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa pada new normal pandemi covid-19 Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X,XI dan XII di SMA Pembanguan laboratorium UNP. Sampel penelitian berjumlah 248 orang. Instrumen yang digunakan ialah daftar isian dengan skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, psychological well-being siswa berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial orangtua pada kategori tinggi, (3) resiliensi remaja dikategorikan tinggi, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara psychological well-being dengan resiliensi siswa, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan resiliensi, dan (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara psychological well-being dan dukungan sosial orangtua dengan resiliensi siswa. Implikasi dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:50
Last Modified: 26 Mar 2024 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50972

Actions (login required)

View Item View Item