Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar Kota Padang

Misvaindra, Dolandari (2023) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DOLANDARI_MISVAINDRA_19124044_1926_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam menulis narasi dan rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis narasi. Untuk itu, perlu terobosan baru dalam pembelajaran menulis narasi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VSekolah Dasar Negeri 10 Surau Gadang Kota Padang. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment.Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 40 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes pengetahuan awal dan tes keterampilan menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)keterampilan menulis narasi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan media animasi lebih tinggi daripada keterampilan menulis narasi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung =2,486 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 1,68); (2)keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan media animasi lebih tinggi daripada keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi serta yang pembelajarannya menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung= 1,838 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 1,72); (3)keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang yang pembelajarannya menggunakan media animasi lebih tinggi daripadaketerampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung = 1,829 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 1,72);dan (4) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pengetahuan awal dan media animasi terhadap keterampilan menulis narasi dengan nilai Fhitung =0,345 dan taraf signifikansi 0,05 (Ftabel = 4,11). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media animasidan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Surau Gadang. Rekomendasi penelitian ini adalah media animasidapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa media animasidan pengetahuan awal merupakan faktor yang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArief, DarnisUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:49
Last Modified: 26 Mar 2024 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50970

Actions (login required)

View Item View Item