Hubungan Pengetahuan Kemasan Pangan dengan Sikap Mahasiswa Sl Tata Boga UNP Terhadap Tindakan Penggunaan Plastik untuk Makanan Panas

Fauzi, Rifdahul (2023) Hubungan Pengetahuan Kemasan Pangan dengan Sikap Mahasiswa Sl Tata Boga UNP Terhadap Tindakan Penggunaan Plastik untuk Makanan Panas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_RIFDAHUL_FAUZI_18075116_6988_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh produk makanan olahan yang banyak dijual saat ini dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik. berbagai jenis bahan, salah satunya adalah plastik. N amun permasalahan muncul karena adanya masyarakat yang menggunakan kemasan plastik yang tidak sesuai dengan standar untuk makanan panas yang dapat membahayakan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuan kemasan pangan, sikap mahasiswa dalam menggunakan plastik untuk makanan panas, dan menganalisis hubungan antara pengetahuan kemasan pangan dan sikap mahasiswa S 1 tata boga terhadap tindakan penggunaan plastik untuk makanana panas. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif, pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Tata Boga angkatan 2019 dan 2020. Sampel penelitian 65 orang yang dipilih dengan Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan penyebaran angket melalui googleform yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah secara deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang kemasan pangan berada pada kategori sedang dengan persentase 34%, tingkat sikap mahasiswa terhadap tindakan penggunaan plastik untuk makanan panas berada pada kategori sedang dengan persentase 43%, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan kemasan pangan dengan sikap sikap mahasiswa terhadap tindakan penggunaan plastik untuk makanan panas dengan nilai korelasi rxy 0,621 dan nilai Trurung (6.283) > T1abe1 (1.999). artinya semakin tinggi pengetahuan maka semakin tinggi pula sikap mahasiswa dalam menggunakan plastik untuk makanan panas dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFaridah, AnniUNSPECIFIED
CorrectorGusnita, WiwikUNSPECIFIED
CorrectorInsan, Ranggi RahimulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:43
Last Modified: 26 Mar 2024 05:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50966

Actions (login required)

View Item View Item