Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Nanggalo

Dewi, Fitra (2023) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Nanggalo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FITRA_DEWI_21147003_1791_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya masalah terkait pelaksanaan tugas mengajar guru yang diduga disebabkan oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah yang belum baik dan komitmen kerja guru yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) Pelaksanaan tugas mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Nanggalo (2) Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah SD Negeri di Kecamatan Nanggalo (3) Komitmen kerja guru SD Negeri di Kecamatan Nanggalo (4) Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan komitmen kerja guru secara parsial dan bersama terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Nanggalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis asosiatif. Populasi adalah semua guru PNS di SD Negeri Kecamatan Nanggalo yang berjumlah 261 orang dan sampel sebanyak 93 orang guru yang ditetapkan berdasarkan rumus Cohran dan diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket model skala likert. Uji coba dilakukan terhadap populasi diluar sampel sebanyak 20 orang dari hasil uji coba diketahui bahwa angket penelitian sudah valid dengan nilai 0,4821 dimana lebih besar dari nilai r tabel yaitu 0,444 dan nilai cronbach’s alpha reliabel untuk semua variabel dengan nilai 0,6. Data dianalisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan regresi berganda dan menggunakan SPSS versi 23.0 Hasil analisis deskriptif pelaksanaan tugas mengajar guru sebesar 82,91%, gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah sebesar 82,76%, dan komitmen kerja guru sebesar 83,16%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara komitmen kerja guru dengan pelaksanaan tugas mengajar guru sebesar 32%, terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan komitmen kerja guru terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru sebesar 89,1%, terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan komitmen kerja guru secara bersama-sama terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru sebesar 90,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnisah, AnisahUNSPECIFIED
CorrectorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:42
Last Modified: 26 Mar 2024 05:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50963

Actions (login required)

View Item View Item