Pengaruh Penggunaan Model Quantum Teaching terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa di Kelas V Sekolah Dasar

Mufarrid, Haffit (2023) Pengaruh Penggunaan Model Quantum Teaching terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_HAFFIT_MUFARRID_18124074_3680_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas V UPT SDN 04 Siparayo terlihat guru kurang mengoptimalkan pemakaian model pembelajaran, yang menyebabkan menurunnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Guru cenderung masih melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Langkah-langkah model Quantum Teaching yaitu: (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasikan, (5) ulangi, dan (6) rayakan. Siswa mengalami pembelajaran yang menyenangkan dan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment design dengan bentuk pretest-posttest non-equivalent group design. Pada metode quasi peneliti memberikan perlakukan dan meneliti perubahan dari perlakukan yang sudah diberikan. Namun sampel yang digunakan tidak menggunakan secara acak dan peneliti tak bisa memanipulasi subjek. Dalam penelitian ini, harus ada kelompok eksperimen dan kontrol yang ditetapkan dengan menggunakan kelompok acak.Data diperoleh dari hasil penelitian yang berbentuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yaitu Thitung 7,409 > 2,024 Ttabel. Kemudian untuk hasil belajar, siswa yang diajarkan dengan model Quantum Teaching mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yaitu Thitung 4,529 > 2,024 Ttabel. Lalu, untuk melihat pengaruh model Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, dilakukan uji ANOVA Satu Arah, yang mana diperoleh hasil Fhitung lebih besar dari dan Ftabel yaitu Fhitung 4,098 > 3,555 Ftabel (taraf signifikansi adalah 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penerapan model Quantum Teaching dalam pembelajaran sangat berdampak baik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Saat pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching siswa terlihat termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa juga meningkat. Dengan demikian, penggunaan model Quantum Teaching sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:41
Last Modified: 26 Mar 2024 05:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50958

Actions (login required)

View Item View Item