Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Raswel, Hary (2023) Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_HARY_RASWEL_18124021_2074_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Buku ajar yang digunakan di kelas IV Sekolah Dasar pada umumnya masih terfokus pada buku siswa yang ada. Buku ajar tersebut penjelasan materi sangat sedikit atau terbatas sehingga peserta didik kesulitan memahami materi yang dipelajari, latihan yang ada juga sedikit, satu kali latihan yang diletakan pada akhir materi sehingga siswa kurang banyak latihan kemudian gambar yang disajikan pada buku ajar kurang sesui dengan materi yamg dipelajari sehingga membinggungkan peserta didik. Seorang Pendidik dituntut untuk mengembangkan buku ajar untuk menunjang prosess pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis Discovery Learning yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dapat dilakukan pada siswa kelas IV SDN 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu ; Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Dessiminate). Data uji validasi diperoleh melalui lembaran penilaian respon guru dan siswa. Keefektifan di lihat dari aktivitas siswa. Penelitian proses dan hasil belajar dari pengunaan buku ajar tematik. Hasil penelitian pengembangan buku ajar yang dikembangkan oleh tingkat validasi isi yaitu 3.26, segi validasi kebahasaan yaitu 3.33 dan segi desain 3.50 dengan kategori valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil analisis respon guru yaitu dengan rata- rata 3.44 dan aspek sespon siswa dengan siswa dengan rata-rata 3.21 hasil efektivitas buku pembelajaran menunjukan hasil yang sangat efektif dengan peningkatan pada aspek uji coba diperoleh rata- rata keseluruhan 82.26 meningkat pada saat penyebaran menjadi 98.33 terdapat pada kategori sangat baik. Pada aspek psikomotor saat uji coba diperoleh rata-rata 81.08 meningkat pada saat penyebaran 84.94 meningkat pada saat penyebaran menjadi 83.79. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa buku ajar berbasi model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu untuk kelas IV SD yang telah dikembangkan dikatakan valid, pratis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHakim, RamalisUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:40
Last Modified: 26 Mar 2024 05:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50957

Actions (login required)

View Item View Item