Raswel, Hary
(2023)
Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Untuk Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Buku ajar yang digunakan di kelas IV Sekolah Dasar pada umumnya masih
terfokus pada buku siswa yang ada. Buku ajar tersebut penjelasan materi sangat
sedikit atau terbatas sehingga peserta didik kesulitan memahami materi yang
dipelajari, latihan yang ada juga sedikit, satu kali latihan yang diletakan pada
akhir materi sehingga siswa kurang banyak latihan kemudian gambar yang
disajikan pada buku ajar kurang sesui dengan materi yamg dipelajari sehingga
membinggungkan peserta didik. Seorang Pendidik dituntut untuk
mengembangkan buku ajar untuk menunjang prosess pembelajaran di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis Discovery
Learning yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan. Penelitian ini dapat dilakukan pada siswa kelas IV SDN 20
Dadok Tunggul Hitam Kota Padang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini
mengunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu ; Pendefinisian (Define),
Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Dessiminate).
Data uji validasi diperoleh melalui lembaran penilaian respon guru dan siswa.
Keefektifan di lihat dari aktivitas siswa. Penelitian proses dan hasil belajar dari
pengunaan buku ajar tematik.
Hasil penelitian pengembangan buku ajar yang dikembangkan oleh tingkat
validasi isi yaitu 3.26, segi validasi kebahasaan yaitu 3.33 dan segi desain 3.50
dengan kategori valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil analisis respon guru
yaitu dengan rata- rata 3.44 dan aspek sespon siswa dengan siswa dengan rata-rata 3.21 hasil efektivitas buku pembelajaran menunjukan hasil yang sangat
efektif dengan peningkatan pada aspek uji coba diperoleh rata- rata keseluruhan
82.26 meningkat pada saat penyebaran menjadi 98.33 terdapat pada kategori
sangat baik. Pada aspek psikomotor saat uji coba diperoleh rata-rata 81.08
meningkat pada saat penyebaran 84.94 meningkat pada saat penyebaran menjadi
83.79. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa buku ajar berbasi
model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu untuk kelas IV SD
yang telah dikembangkan dikatakan valid, pratis dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |