Implementasi Model Pembelajaran Case Method dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo

Oktober, Qori (2024) Implementasi Model Pembelajaran Case Method dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Qori_Oktober_19067019_1231_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting. Capaian kompetensi menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI di SMK Negeri 1 Lintau Buo masih rendah di buktikan dengan hasil belajar siswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 terdapat siswa belum memenuhi standar penilaian yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan model pembelajaran case method dan project based learning pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design (eksperimen semu / kuasi). Subjek diambil sebanyak 55 orang siswa kelas XI Teknik Pemesinan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian Quasi Eksperimen pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, hasil analisis data nilai post test diuji dengan Uji independent sample t test diketahui nilai sig 0,289 artinya 0,289 > 0,05. Dari hasil tersebut dapat diketahui model pembelajaran case method dan project based learning ini berdampak terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran case method dan project based learning di kelas eksperimen pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut berhasil diimplementasikan di kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo. Kedua, hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan setelah menerapkan model pembelajaran case method dan project based learning di peroleh rata-rata nilai 82. Perolehan nilai akhir ini meningkat dari sebelumnya rata-rata nilai 75. Ketiga, sikap keaktifan, motivasi, minat belajar, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo di peroleh rata-rata nilai sikap kelas kontrol 81 dan kelas esperimen 83. Keempat, keterampilan dan kreatifitas siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo, diperoleh rat-rata nilai di kelas kontrol 82 dan kelas eksperimen 85.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:57
Last Modified: 26 Mar 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50952

Actions (login required)

View Item View Item