Sultanik, Dewa
(2023)
Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Peserta Didik Dalam Program Didikan Subuh di Masjid
Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nilai-nilai karakter dalam program
didikan subuh, bagaimanakah strategi guru dalam menanamkan nilai karakter tersebut
kepada peserta didik, dan bagaimanakah hasil yang diperoleh peserta didik setelah
mengikuti kegiatan didikan subuh. Penelitian ini menggunakan metode gabungan
kualitatif dan kuantitatif atau (explanatory mixed methode design). Sumber data kualitatif
diambil dari empat orang informan melalui wawancara mendalam yang dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan data kuantitatif diambil kepada
lima puluh empat peserta didik yang dipilih menggunakan teknik simple random
sampling. Data wawancara dengan informan dianalisis secara tematik menggunakan
empa langkah (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan). Selanjutnya data kuantitatif dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS
21. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, terkait
dengan nilai-nilai yang terdapat dalam program didikan subuh ditemukan lima belas nilai,
lima belas nilai tersebut yaitu: i) religius, ii) disiplin, iii) percaya diri, iv) kerja keras, v)
kerja sama, vi) tanggung jawab, vii) jujur, viii) sopan santun, ix) toleransi, x) mandiri, xi)
rasa ingin tahu, xii) bersahabat, xiii) cinta damai, xiv) penduli lingkungan, dan xv) peduli
sosial. Kedua, terkait dengan strategi yang dilakukan guru ditemukan delapan cara,
delapan cara tersebut yaitu: i) menjadi teladan yang baik, ii) memberikan motivasi, iii)
membuat peraturan dan tata tertib, iv) memberikan tugas teori dan praktik, v)
memberikan hadiah, vi) memberikan sanksi/hukuman, vii) memberikan hiburan, viii)
melakukan pendekatan emosional. Ketiga, terkait dengan hasil yang diperoleh peserta
didik setelah mengikuti kegiatan didikan subuh hasil analisis menunjukkan, lima belas
nilai-nilai karakter yang terdapat dalam didikan subuh tersebut terbukti dapat
terimplementasi dengan baik terhadap sikap peserta didik. Hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai data awal untuk peneliti berikutnya dalam mengkaji isu-isu yang
berbeda terkait dengan permasalahan ini serta berbagai isu lainnya yang relevan dengan
konteks ini.
Actions (login required)
|
View Item |