Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Peserta Didik Dalam Program Didikan Subuh di Masjid Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Sultanik, Dewa (2023) Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Peserta Didik Dalam Program Didikan Subuh di Masjid Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_07_DEWA_SULTANIK_17329011_7934_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nilai-nilai karakter dalam program didikan subuh, bagaimanakah strategi guru dalam menanamkan nilai karakter tersebut kepada peserta didik, dan bagaimanakah hasil yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan didikan subuh. Penelitian ini menggunakan metode gabungan kualitatif dan kuantitatif atau (explanatory mixed methode design). Sumber data kualitatif diambil dari empat orang informan melalui wawancara mendalam yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan data kuantitatif diambil kepada lima puluh empat peserta didik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data wawancara dengan informan dianalisis secara tematik menggunakan empa langkah (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Selanjutnya data kuantitatif dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS 21. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, terkait dengan nilai-nilai yang terdapat dalam program didikan subuh ditemukan lima belas nilai, lima belas nilai tersebut yaitu: i) religius, ii) disiplin, iii) percaya diri, iv) kerja keras, v) kerja sama, vi) tanggung jawab, vii) jujur, viii) sopan santun, ix) toleransi, x) mandiri, xi) rasa ingin tahu, xii) bersahabat, xiii) cinta damai, xiv) penduli lingkungan, dan xv) peduli sosial. Kedua, terkait dengan strategi yang dilakukan guru ditemukan delapan cara, delapan cara tersebut yaitu: i) menjadi teladan yang baik, ii) memberikan motivasi, iii) membuat peraturan dan tata tertib, iv) memberikan tugas teori dan praktik, v) memberikan hadiah, vi) memberikan sanksi/hukuman, vii) memberikan hiburan, viii) melakukan pendekatan emosional. Ketiga, terkait dengan hasil yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan didikan subuh hasil analisis menunjukkan, lima belas nilai-nilai karakter yang terdapat dalam didikan subuh tersebut terbukti dapat terimplementasi dengan baik terhadap sikap peserta didik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data awal untuk peneliti berikutnya dalam mengkaji isu-isu yang berbeda terkait dengan permasalahan ini serta berbagai isu lainnya yang relevan dengan konteks ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnwar, FuadyUNSPECIFIED
CorrectorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
Correctormuliati,, IndahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi, guru, nilai karakter, peserta didik, program didikan subuh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:54
Last Modified: 28 Mar 2024 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50940

Actions (login required)

View Item View Item