Pembuatan Modul Pembelajaran pada Mata Kuliah Konsep dan Aplikasi Building Information Modelling di Departemen Teknik Sipil.

Sabarni, Wina (2024) Pembuatan Modul Pembelajaran pada Mata Kuliah Konsep dan Aplikasi Building Information Modelling di Departemen Teknik Sipil. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_WINA_SABARNI_19061022_2192_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk mendukung proses pembelajaran, diperlukan materi ajar. Salah satunya adalah modul, yang merupakan bahan ajar dalam bentuk cetakan. Modul berfungsi sebagai alat belajar mandiri bagi peserta didik tanpa bimbingan pendidik. Pada Departemen Teknik Sipil, belum tersedia modul pembelajaran BIM Revit architecture. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pada Mata Kuliah Konsep dan Aplikasi Building information modelling dan untuk mengetahui apakah modul pembelajaran tersebut valid dan praktis digunakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Penelitian berfokus pada 3-D tanpa melibatkan tahap penyebaran (dissemination). Penelitian berlangsung pada periode Juli hingga Desember 2023 dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Hasil evaluasi produk oleh ahli materi pertama menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,00 dan ahli materi kedua dengan skor rata-rata 5,28 dalam kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli media pertama memperoleh skor rata-rata sebesar 4,65 dan ahli media kedua memberikan skor rata-rata sebesar 4,70 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, modul pembelajaran BIM dianggap valid dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 8 responden, hasil penilaian menunjukkan skor rata-rata sebesar 88,55% dengan kategori sangat praktis. Sementara pada uji coba kelompok besar 18 responden, skor rata-rata sebesar 89,88% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYandra, MuviUNSPECIFIED
CorrectorGiatman, M, Giatman, MUNSPECIFIED
CorrectorApdeni, RismaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN, BUILDING INFORMATION MODELLING, BAHAN AJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:54
Last Modified: 26 Mar 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50939

Actions (login required)

View Item View Item