Pendekatan Nilai Total Suspended Solid (TSS) Menggunakan Ctra Sentinel-24 di Muara Batangarau

Ristriani, Tri (2023) Pendekatan Nilai Total Suspended Solid (TSS) Menggunakan Ctra Sentinel-24 di Muara Batangarau. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_06_TRI_RISTIANI_19331119_7836_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Total Suspended Solid (TSS) merupakan padatan tersuspensi/konsentrasi material padat yang melayang di dalam campuran air sedimen, yang biasadinyatakan nilainya dalam satuan milligram per liter (mg/L) yang terdiri dari lumpur dan jasad renik yang berasal dari kikisan tanah atau erosi, dan umumnyaterdiri dari fitoplankton, zooplankton, kotoran hewan, sisa tanaman dansisahewan yang sudah mati, kotoran manusia dan limbah industri. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui sebaran dan nilai konsentrasi Total Suspended Solid(TSS) di Muara Batang Arau dengan menggunakan citra Sentinel-2A. Adapun metode yang digunakan yakni menggunakan metode bandratio(NDTI dan NDWI) dan algoritma Suspended Particulate Matter (SPM) untuk mengetahui sebaran TSS secara kualitatif dan kuantitatif. Untukmengetahui keakuratan nilai TSS, dilakukan uji laboratoriumdenganmenggunakan 13 sampel air untuk mengetahui besaran nilai TSS. Sampel air diperoleh secara random sampling di beberapa titik di Muara Batang Arau. Berdasarkan hasil penelitian sebaran Total Suspended Solid (TSS) di Muara Batang Arau terdapat enam pengkelasan nilai TSS yakni dari rentang10mg/L- >50 mg/L, Nilai TSS citra Sentinel-2A dan in-situ dapat dilihat pada tabel 9. Nilai TSS setiap titiknya memiliki nilai yang berbeda-beda, perbedaan nilai TSSdan in-situ dapat disebabkan oleh faktor perbedaan waktu pengambilan sampel air dengan waktu perekaman citra dan dapat disebabkan juga karena kondisi citra yang mendapat pengaruh dari tutupan kabut tipis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
CorrectorTriyatno, TriyatnoUNSPECIFIED
CorrectorArif, Dian AdhetyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Total Suspended Solid (TSS), citra Sentinel-2A, band ratio, NDTI, NDWI, Suspended Particulate Matter (SPM)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:46
Last Modified: 26 Mar 2024 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50930

Actions (login required)

View Item View Item