Pemanfaatan Ilmu Pengnderaan Jauh untuk Pemetaan Sebaran Suhu Permukaan Lahan di Kota Bukittinggi

Al-Mukaramin, Muhammad Ilham (2023) Pemanfaatan Ilmu Pengnderaan Jauh untuk Pemetaan Sebaran Suhu Permukaan Lahan di Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_06_MUHAMMAD_ILHAM_ AL-MUKRAMIN_18331055_7933_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota yang berada di Sumatera Barat yang memiliki pertumbuhan penduduk yang cukup pesat, hal ini menyebabkan peningkatan pembangunan dan menurunnya lahan vegetasi. Perubahan Kerapatan vegetasi dapat mempengaruhi perubahan suhu permukaan lahan di Kota Bukittinggi. Karena pembangunan penggunaan lahan yang pesat dapat menyebabkan perubahan tutupan lahan, dimana lahan terbangun semakin banyak dan mendominasi akibatnya lahan-lahan alami seperti hutan untuk berubah fungsi menjadi penggunaan lahan akibatnya suhu permukaan lahan di Kota Bukittinggi semakin meningkat. Dalam menyusun tugas akhir ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu mendeskripsikan suatu peristiwa yang terjadi pada saat sekarang dimana peneliti berusaha mengambil gambar tempat yang menjadi tujuan penelitian. Dilakukan dengan menempuh langkahlangkah pengumpulan, klasifikasi dan analisis atau pengolahan data, membuat kesimpulan dan laporan dengan tujuan utama untuk membuat penggambaran tentang suatu keadaan secara objektif dalam suatu deskripsi. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian dengan cara mengukur indikator-indikator variable penelitian sehingga diperoleh gambaran diantara variabel-variabel tersebut. Hasil dari penelitian menjelaskan Kondisi luas kerapatan vegetasi di Kota Bukittinggi terjadi penurunan, pada tahun 2013 luas kerapatan vegetasi yaitu 2380 ha dan pada tahun 2023 berkurang menjadi 2181 ha. Hal ini sejalan dengan peningkatan luas bangunan pada tahun 2013 yaitu 2390 ha menjadi 2474 ha di tahun 2023. Berkurangnya lahan vegetasi dan bertambahnya lahan terbangun mengakibatkan terjadinya kenaikan suhu permukaan lahan di daerah penelitian, suhu pada tahun 2013 berkisar 24,9° C dan pada tahun 2023 mengalami peningkatan suhu permukaan menjadi 26,5° C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswandi, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorSyarief, azharyUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Geografi, Penginderaan Jauh, Citra Landsat, Kota Bukitinggi, Peta Kerapatan Vegetasi (NDVI), Peta Kerapatan Bangunan (NDBI), Peta Sebaran Suhu Permukaan Lahan (LST).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:14
Last Modified: 26 Mar 2024 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50919

Actions (login required)

View Item View Item