Febriyanti, Lucy
(2023)
Hubungan Pelayanan Prima dengan Kepuasan Konsumen
di V-Coffee Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian berlatar belakang dari hasil observasi awal penulis terhadap pelayanan prima yang di V-Coffee Padang. Pelayanan yang diberikan belum sesuai dengan teori yang penulis pelajari, sehingga konsumen belum merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui apakah terdapat hubungan antara Pelayanan Prima dan Kepuasan Konsumen di V-Coffee Padang.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dan metode asosiatif kausal. Populasi berjumlah 5 .200 orang konsumen yang berkunjung ke V-Coffee Padang pada 3 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental sebanyak 98 orang dengan menyebarkan kuesioner terkait pelayanan prima dan kepuasan konsumen. Uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas mempakan uji persyaratan analisis yang dilakukan sebelum melaksanakan uji hipotesis yaitu pengujian korelasi, analisis regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 28.00.
Hasil penulisan, variabel pelayanan prima (X) termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 63,3 %, dan variabel kepuasan konsumen (Y) termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 46,9%. Variabel pelayanan prima memiliki korelasi terhadap kepuasan konsumen di V -Coffee Padang sebesar 0,688 yang mana kedua variabel memiliki hubungan yang kuat dan bemilai positif. Koefisien regresi diperoleh sebesar 0,637 serta diperoleh koefisiensi determinasi sebesar (0,473) 47,3% dan 52,7% dipengamhi oleh faktor lain.
Actions (login required)
|
View Item |